cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Tadris Kimiya
ISSN : 25276816     EISSN : 25279637     DOI : 10.15575/jtk.v7
Core Subject : Science, Education,
Tadris Kimiya Journal is a Journal published by Department Chemical Education, Tarbiyah & Keguruan Faculty UIN SGD Bandung, has a scope of discussion on education and chemistry learning.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017)" : 6 Documents clear
STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MEDIA LKM DAN TTS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) Henie Poerwandar Asmaningrum
Jurnal Tadris Kimiya Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jta.v2i1.1364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Teka-Teki Silang (TTS) dibanding Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada pembelajaran kooperatif Small Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar materi Perkembangan Teori Atom mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Uji prasyarat analisis untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar Perkembangan Teori Atom mahasiswa Jurusan Teknik Sipil dimana thitung > ttabel, yaitu 3,79>2,00. Rata-rata nilai hasil belajar dengan menggunakanmedia TTS adalah 81,71 dan nilai rata-rata nilai hasil belajar dengan menggunakanmedia LKM adalah 75,29. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media TTS pada model pembelajaran kooperatif SGD lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Semester I Tahun Ajaran 2016/2017 dibanding media LKM pada materi Perkembangan Teori Atom.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERORIENTASI MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA Imelda Helsy; Lina Andriyani
Jurnal Tadris Kimiya Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jta.v2i1.1365

Abstract

Kesetimbangan kimia merupakan konsep abstrak/terdefinisi dengan contoh konkrit yang memerlukan pemahaman pada fenomena makroskopik, submikroskopik, simbolik serta keterhubungan ketiga levelnya. Namun bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran kimia belum sepenuhnya mengembangkan  keterhubungan multipel representasi  (makroskopik, submikroskopik, dan simbolik). Penelitian Research and Development ini ditujukan untuk mengembangkan bahan ajar yang memenuhi keterhubungan tiga level representasi pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap: 1) Studi pendahuluan meliputi (tahap analisis konsep, analisis representasi,  storyboard), 2) Desain produk, 3) validasi dan uji kelayakan. Dari hasil penelitian didapatkan produk bahan ajar dengan menghubungkan tiga level representasi kimia. Representasi makroskopik disajikan dalam bentuk wacana fenomena kontekstual dan prosedur kerja percobaan, representasi submikroskopik divisualisasikan melalui gambar dan animasi video yang keterhubungannya disajikan dalam bentuk representasi simbolik. Validasi konten dilakukan melalui pertimbangan 6 orang ahli materi dan uji coba kelayakan bahan ajar terhadap 20 orang siswa. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran kimia.
PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY PADA KONSEP KOLOID Salbiah Salbiah
Jurnal Tadris Kimiya Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jta.v2i1.1367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa setelah proses pembelajaran. Metode penelitian kelas digunakan dalam penelitian ini untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas melalui penerapan pembelajaran discovery inquiry. Subjek penelitian ini adalah 42 siswa kelas XI IPA di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jawa Barat. Instrumen yang digunakan adalah deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa, tes keterampilan berpikir kritis, dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran secara keseluruhan termasuk pada kategori sangat baik (nilai 81). Pencapaian keterampilan berpikir kritis tertinggi pada indikator mengidentifikasi contoh (89) dan terendah pada indikator membuat kesimpulan (72). Kelompok prestasi tinggi pencapaiannya tertinggi (90), sedangkan kelompok prestasi rendah pencapaiannya paling rendah (73).
PENGGUNAAN LEMBAR KERJA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA Riri Aisyah; Fitri Nur Aisyah; Yunita Yunita
Jurnal Tadris Kimiya Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jta.v2i1.1368

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada penentuan kadar asam palmitat bebas dalam minyak goreng dan menganalisis keterampilan proses sains. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas pada mahasiswa mata kuliah kimia bahan makanan sebanyak 38 orang. Data diperoleh dari jawaban mahasiswa dalam menyelesaikan setiap tahapan LKM yang diberikan, sedangkan keterampilan proses sains didapat dari jawaban siswa pada LKM yang disesuaikan dengan indikator ketrampilan proses sains. Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan LKM diinterpretasikan sebagai berikut : fase “orientasi pada masalah” baik (70.3), fase”belajar mandiri’ baik (76.0), fase ”penyelidikan” baik sekali (94.3), fase ”penyajian data” baik (72.7) dan fase “evaluasi hasil kerja” baik (72.4). Keterampilan proses sains mahasiswa secara keseluruhan diinterpretasikan baik dengan rata-rata 75.6, dengan perolehan nilai pada indikator mengamati 88.9, mengajukan pertanyaan 70.3, mengajukan hipotesis 70.8, menerapkan konsep 75.6, merancang percobaan 91,6, menyimpulkan 67.3 dan mengomunikasikan 73.1
PERMAINAN “KIMIA KOTAK KATIK” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR Rusly Hidayah; Suprianto Suprianto; Alis Rahmawati
Jurnal Tadris Kimiya Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jta.v2i1.1362

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat kelayakan permainan “kimia kotak katik” ditinjau  dari isi dan kontruksi serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  pada materi Sistem Periodik Unsur. Sasaran penelitian ini adalah 12 orang siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Rancangan penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Postest. Hasil analisis data menunjukan bahwa permainan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase kelayakan sebesar 83,33%.  Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 75%. Berdasarkan hasil uji coba, permainan kimia kotak katik layak untuk diterapkan untuk pembelajaran kimia.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS Luthfia Ulva Irmita; Sri Atun
Jurnal Tadris Kimiya Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Department of Chemistry Education, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jta.v2i1.1363

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) untuk meningkatkan literasi sains siswa. Perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  dan Lembar Kerja Siswa (LKS) pembelajaran. Metode penelitian ini adalah Research and Development yang terdiri dari tiga tahap yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Pada tahap pendefinisian dilakukan persiapan studi awal. Pada tahap perancangan dilakukan untuk menentukan indikator, tujuan pembelajaran dan analisis materi laju reaksi. Pada tahan pengembangan dilakukan pengembangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran pada RPP dengan menggunakan pendekatan TPACK dan model discovery learning serta LKS pembelajaran yang akan diuji kelayakannya oleh dua orang dosen validator dan dua orang guru kimia Sekolah Menengah Atas (SMA). RPP dan LKS pembelajaran dikembangkan untuk meningkatkan literasi sains yang mencakup ketiga aspek yaitu aspek konteks sains, konten sains dan proses sains. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan memiliki kelayakan yang baik dengan rata-rata skor untuk RPP yaitu 49,75 dan untuk LKS pembelajaran yaitu 43,5. Selain itu, uji kelayakan dengan menggunakan Aiken’s V perangkat pembelajaran dikatakan memiliki validitas yang tinggi dengan rata-rata nilai Aiken’s V yaitu 0,675. Dengan demikian, perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan TPACK dengan model discovery learning dapat digunakan khususnya pada materi laju reaksi kimia.

Page 1 of 1 | Total Record : 6